21.50
Cara mengobati rambut rontok dan penyebab rontok
Cara mengobati rambut rontok dan penyebab rontok. Pada dasarnya, rambut rontok adalah hal yang normal. Namun menjadi tidak normal apabila kerontokan rambut diatas batas kewajaran. Pada kulit kepala yang sehat, rambut bisa bertahan selama 3 sampai 5 tahun. Rambut tersebut bisa tumbuh sepanjang 12 milimeter dalam satu bulan dan akan terus tumbuh sebelum akhirnya rontok

Rambut memiliki siklus yang berkembang 3-4 tahun, kemudian istirahat 3-4 bulan untuk tumbuh lagi atau mengganti rambut baru. Rambut yang mengalami kerontokan menjadi sebuah tanda pada proses terjadinya pergantian rambut baru. Pada beberapa orang yang mengalami kerontokan rambut, rambut akan mudah tumbuh kembali dalam kurun waktu seminggu atau beberapa bulan.

Namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika rambut yang rontok lebih dari 100 helai setiap hari. Untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok adalah dengan mempelajari penyebab rambut rontok.

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut rontok jika terjadi pada wanita :

1. Rambut rontok dapat disebabkan oleh jarang melakukan keramas. Ketika rambut jarang dikeramasi, rambut akan terlihat lembab akibat paparan sinar mtatahari dan bercampurnya rambut dan akar rambut dengan keringat. Keringat juga terdapat di kulit kepala yang diserap oleh folikel rambut, ketika keringat berlebih di kepala, rambut akan terlihat “lepek” atau basah dan menimbulkan bau.

2. Terlalu sering menggunakan pengering dan penggeriting rambut.

3. Seringnya menggunakan bahan kimia pada rambut seperti seringnya mewarnai rambut

4. Ketidakseimbangan hormon, terutama pada mereka yang berusia diatas 30 tahun. Perubahan hormon di usia tersebut dapat mengakibatkan kerontokan rambut

5. Akibat radikal bebas baik dari paparan sinar matahari, polusi dan bahan kimia

6. Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh seringnya mengikat rambut terlalu kuat dengan ikat rambut yang digunakan terlalu lama

7. Kelainan genetis atau karena faktor keturunan yang disebabkan oleh salah satu gen orang tua.

8. Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan penyakit seperti diabetes, kanker akibat efek kemoterapi dan kanker otak.

9. Stres yang terlalu berat, sehingga urat-urat syaraf di sekitara kepala memaksa akar rambut menjadi lemah dan akhirnya rambut menjadi rontok

Penyebab kerontokan rambut pada pria

Kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada pria. kerontokan rambut pada pria umumnya lebih sering disebabkan oleh faktor usia yang semakin bertambah ketika memasuki usia 50-an, beberapa pria mengalami kerontokan rambut hingga menyebabkan kebotakan rambut. Kerontokan rambut yang terjadi pada pria, juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon testosteron yang juga memainkan peranan penting dalam tubuh manusia termasuk pada rambut. Stress juga menimbulkan kerontokan rambut.

Apaka Anda mengalami rambut rontok, mungkin Anda juga mengalami salah satu atau lebih beberapa faktor penyebab rambut rontok di atas. Namun, jika Anda tidak tahu faktor yang mana yang menyebabkan rambut Anda rontok, tidak masalah. Karena, apapun penyebabnya, kerontokan rambut memiliki solusi yang sama. Apakah solusinya? Berikut beberapa cara merawat rambut rontok agar Anda tidak lagi kehilangan helai helai mahkota kepala Anda:

  1. Dengan mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala Anda. Minyak kemiri ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Anda tidak perlu susah mencari minyak kemiri. Karena minyak kemiri sudah banyak dijual di salon-salon kecantikan atau perawatan rambut.
  2. Dengan mengoleskan jus bawang putih, bawang merah atau jahe ke kulit kepala Anda. Abaikan saja bila baunya tidak Anda sukai. Pakai pada malam hari menjelang tidur dan biarkan semalaman untuk hasil yang optimal.
  3. Dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala Anda. Lidah buaya sangat bagus untuk menumbuhkan atau menebalkan rambut. Tidak berbau, dan rasanya seperti agar-agar, lidah buaya juga baik dikonsumsi.
  4. Dengan mengoleskan atau membubuhkan daun seledri yang sudah dihaluskan ke kulit kepala Anda, selain untuk menyuburkan rambut, juga akan membuat rambut Anda berkilau.

Dengan membubuhkan dua kantong atau lebih teh hijau yang telah diseduh air hangat pada kepala Anda. Teh hijau juga kaya akan antioksidan. Selamat mencoba dan semoga berhasil

0 komentar:

Posting Komentar

- Hanya Berkomentar Dengan Akun Face Book Dan Google+
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content