06.16
Cara alami mengobati haid terlalu banyak dari biasanya, Banyak keluhan bisa muncul saat menstruasi (haid). Haid yang sedikit dan sebentar bisa bikin cemas. Menstruasi banyak dan lama, juga mengundang resah. Memakai pembalut seringkali mengganggu kenyamanan, apalagi jika bolak-balik harus menggantinya. Tak cuma bikin repot, menstruasi berlebihan (menorrhagia) juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan.

Perempuan berusia produktif pasti akan mengalami pendarahan setiap bulan, atau dikenal sebagai menstruasi. Pendarahan ini normal, dan terjadi berdasarkan sebuah siklus yang terjadi dalam rentang waktu 21-37 hari, selama 2-7 hari, dan total volume darah sebanyak 20-80 cc.

Namun, menurut Mayo Foundation for Medical Education and Research, 18% wanita berusia subur mengalami pendarahan tidak normal. Kondisi tidak normal ini, antara lain; pendarahan berlebih, atau masa menstruasi yang panjang. Dalam istilah medis disebut Menorrhagia.

Indikasi dan gejala menorrhagia, adalah;
  1. Lama menstruasi lebih dari 10 hari
  2. Darah menstruasi sangat deras
  3. Sering mengganti pembalut
  4. Darah menstruasi keluar pada malam hari, bahkan menggumpal\Nyeri di area perut bagian bawah karena perdarahan yang banyak dan lama sehingga aktivitas rutin terganggu
  5. Selalu merasa letih, dengan nafas yang pendek-pendek

Dalam beberapa kasus, penyebab menorrhagia adalah:
  1. Ketidakseimbangan hormon. Dalam kondisi menstruasi normal, kadar hormonestrogen dan progesteron sesuai dengan kondisi dinding uterus (endometrium) untuk mengatur volume darah menstruasi. Ketika terjadi ketidakseimbangan hormon, maka endometrium akan menghasilkan volume darah yang banyak.
  2. Dalam Polip pada dinding uterus. Polip biasanya muncul pada wanita usia produktif yang mengalami kelebihan hormon prostaglandin (hormon yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan sistem saraf).
  3. Disfungsi ovarium. Kegagalan proses pelepasan sel telur dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonestrogen dalam tubuh.
  4. Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR). Jika tidak cocok, AKDR dapat memicu pendarahan menstruasi hebat.
Setelah seseorang terdiagnosa mengalami menorrhagia dan diketahui faktor penyebabnya, dokter akan melakukan penanganan berupa pemberian zat besi dan obat-obatan untuk mengurangi kram perut serta menghambat aliran darah. Selain itu bisa juga diberikan kontrasepsi oral untuk mengatur ovulasi yang terganggu dan mengurangi perdarahan yang berlebihan.

Cara alami mengobati haid terlalu banyak dari biasanya

Bahan yang digunakan
  1. • Gambir 1 potong
  2. • Daun sirih 3 lembar
  3. • Kunyit 10 gram
Cara meramu bahan
  • Semua bahan ditumbuk, 
  • lalu diperas hingga didapat airnya ½ gelas.
Aturan penggunaan ramuan
  • Diminum ketika haid terasa sakit dan terlalu banyak mengeluarkan darah.
Demikian  Cara alami mengobati haid terlalu banyak dari biasanya.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

- Hanya Berkomentar Dengan Akun Face Book Dan Google+
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content